Fatahillah dan Sunan Gunung Jati, sama atau beda?

Syarif Hidayatullah atau Fatahillah?
Oke, dalam artikel kali ini akan dijabarkan siapakah Fatahillah dan siapakah Syarif Hidayatulah, apakah merupakan nama dari satu orang atau memang berbeda orang? Mari kita mulai...

Menurut Edi S.Ekadjati dari Carita Purwaka Caruban Nagari, memang makam kedua tokoh itu sama-sama ditempatkan secara berdekatan di Pasir Jati Bukit Sembung Cirebon. Namun, kedua tokoh itu berbeda orang. Sunan Gunung Jati wafat tahun 1568 sedangkan Fatahillah wafat tahun 1570.


Syarif Hidayatullah adalah putri Nyi Rara Santang atau Syarifah Muda'im, puteri Prabu Siliwangi yang menikah dengan Maulana Ishaq Syarif Abdillah, penguasa kota Isma'illiyah Saudi Arabia. Syarif Hidayatullah yang bersama ibunya kembali ke tanah Jawa sepeninggal Maulana Ishaq Syarif Abdillah. Sedangkan tahta dilanjutkan saudara kandungnya, Syarif Nurullah.

Sesampainya di Jawa, Syarif Hidayatullah tinggal di daerah pertamanan Gunung Sembung sambil mengajarkan agama Islam dengan izin Pangeran Cakrabuana, penguasa Caruban. Syarif Hidayatullah akhirnya dinikahkan oleh Pangeran Cakrabuana dengan putrinya, Nyi Ratu Pakungwati. Pada tahun 1479 Pangeran Cakrabuana menyerahkan kekuasaan kepada Syarif Hidayatullah.

Lalu siapakah Fatahillah ? Fatahillah memiliki nama lain Faletehan atau Kyai Fathullah. Ia adalah seorang ulama dari Pasai Aceh yang hijrah ke Demak. Ayahnya bernama Maulana Mahdar Ibrahim dari Guzarat sehingga   Fatahillah  bergelar Fahillah Khan al Pasai Ibnu Maulana Mahdar Ibrahim Alguzarat.

Sesampainya di Demak oleh Raden Patah diangkat sebagai panglima pasukan Demak menghadapi Portugis untuk mempertahankan pelabuhan Sunda Kelapa bersama pasukan Cirebon. Dalam berita Portugis Fatahillah disebut Tagaril yang merupakan sebutan dari Fahrillah yang artinya kemenangan dari Allah.


Dalam sumber lain, buku Jejak Para Wali dan Ziarah Spiritual terbitan Kompas, disebutkan juga bahwa setelah wafatnya Sultan Trenggana, Ratu Ayu yang merupakan putri Syarif Hidayatullah menikah dengan Fatahillah. Jadi bisa dikatakan Fatahillah merupakan menantu dari Syarif Hidayatullah.
Jadi jelas jika Fatahillah dan Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati bukan sosok yang sama. Bahkan mereka pasangan mertua dan menantu. Demikian pos kali ini sampai jumpa di pos selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar