Dunia dalam Satu Keluarga


    Hai, sobat... Pembahasan kita tentang Jepang belum beres nih...


    Penasaran gak sih? Apa yang membuat Jepang sangat berambisius untuk menjadi "pemimpin" di asia timur raya? Tentulah Jepang memiliki slogan yang mereka tanamkan dalam setiap jiwa ksatria-ksatrianya. Slogan ini adalah Hakko Ichiu.

    Hakko Ichiu berarti "Delapan Penjuru Dunia di Bawah Satu Atap" atau ada juga yang mengartikan "Dunia dalam Satu Keluarga" adalah sebuah slogan yang dipakai Kekaisaran Jepang sebagai kebijakan nasional ketika Perang Tiongkok-Jepang kedua sampai dengan Perang Dunia kedua. Slogan inilah yang digunakan sebagai simbol persaudaraan demi meujudkan kawasan kesemakmuran Asia Timur Raya saat Perang Dunia Kedua.


    Di Tokto didirikanlah lembaga-lembaga organisasi pelatihan dan penyuluhan konsep Hakko Ichiu yaitu Chokoku Hokotai (Perkumpulan Pelayan Pendiri Negara) dengan ini pula, struktur pemerintah kota dimasukan ke struktural militer. 

    Di seluruh penjuru Jepang, slogan ini dipakai untuk mewujudkan tatanan baru Asia Timur. Bahkan, ketika Jepang berkuasa di Indonesia, guru-guru dari setiap kabupaten dikumpulkan di Jakarta untuk didoktrin slogan Hakko Ichiu ini.

    Bangsa Jepang menganggap, Hakko Ichiu sebagai titah dewa yang harus dilaksanakan. Isi dari Hakko Ichiu adalah menjadikan dunia dalam asatu wilayah di bawah kepemimpinan kaisar sebagai titisan dewa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar