Fakta Jepang yang Patut Dicontoh

Sebagi salah satu negara maju di dunia, Jepang memanglah sangat luar biasa. Tidak hanya dari segi teknologi, kebiasaan mereka juga sangat luar biasa. Berikut adalah sepuluh kebiasaan orang Jepang yang patut di tiru oleh Indonesia..

Pertama, Jepang merupakan negara dengan presentase melek huruf hampir menyentuh 100% hal ini karena sejak kecil mereka dibiasakan untuk membaca. Jangan heran jika di dalam kereta, baik tua maupun muda, pelajar maupun pekerja, duduk maupun berdiri semua membaca. Ada yang membaca koran, majalah, buku, atau hanya sekedar komik atau novel.


Kedua, orang Jepang sudah dibiasakan sejak kecil untuk mengantre. Baik itu untuk nonton film, beli karcis, ataupun untuk masuk ke kamar kecil. Mereka merasa tidak enak pada lingkungan dan orang lain, jika mereka tidak mengantre dan mengikuti aturan yang ada

Ketiga, bagi orang Jepang, berkata tidak secara langsung kepada orang lain sangat tidak sopan. Biasanya, mereka berkata yang secara tersirat mengatakan bahwa mereka tidak mau

Keempat, sebagai negara yang makmur, harapan hidup orang jepang juga tergolong tinggi. Yaitu 84 tahun atau lebih tua empat tahun dari harapan hidup di negara Amerika.

Kelima, orang Jepang dikenal dengan budaya kerja kerasnya. Saking rajinnya, semua orang terkesan terburu-buru dan berlari ketika berjalan di trotoar. Ada juga anggapan bahwa, jika ada orang yang sampai tidur di tempat kerjanya ( karena lembur, bukan saat jam kerja ) adalah orang yang hebat dan pantas di sanjung.

Keenam, sebagai negara yang cinta lingkungan, orang Jepang sangat menjaga lingkungannya tetap asri. Bahkan, di Jepang sendiri bus-bus mematikan mesinnya ketika lampu merah. Selain untuk menghemat bahan bakar hal ini juga untuk menghindara polusi udara berlebihan.

Ketujuh, orang Jepang juga dikenal sebagai orang yang sangat hemat. Hal ini mungkin karena taraf hidup orang Jepang yang cukup tinggi. Bahkan, ada beberapa ibu rumah tangga rela mengayuh sepeda beberapa kilometer hanya untuk selisih harga beberapa yen.

Kedelapan, walaupun sebagai negara produsen otomotif besar di dunia, kebanyakan orang Jepang memilih menggunakan transportasi umum dibanding kendaraan pribadi. Hal ini karena tarif kendaraan umum di Jepang murah dan juga alasan lingkungan seperti yang sudah dibahas.

Kesembilan, kereta di Jepang adalah kereta yang paling tepat waktu di dunia. Keterlambatan kereta di Jepang hanya sekitar satu sampai dua menit. Jika itu terjadi, manajemen, masinis, dan seluruh crew kereta meminta maaf kepada penumpang atas keterlambatan itu.

Kesepuluh, rasa malu adalah sikap yang luar biasa di zaman modern ini. Jika ada orang Jepang yang gagal melaksanakan tugasnya, dengan sukarela ia mengundurkan diri. Bahkan, dalam level tertentu, mereka dapat melakukan bunuh diri.


Demikianlah hal-hal yang patut kita contoh jika kita ingin menjadi negara yang makmur seperti Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar