Kongsi Dagang Eropa

Kongsi Dagang Belanda
Vereenigde Oostindische Compagnie atau VOCadalah Kongsi Dagang Hindia Timur Belanda. Berdiri pada tanggal 20 Maret 1602. Disebut Hindia Timur karena ada pula VWC yang merupakan persekutuan dagang untuk kawasan Hindia Barat. Perusahaan ini dianggap sebagai perusahaan multinasional pertama di dunia sekaligus merupakan perusahaan pertama yang mengeluarkan sistem pembagian saham.
VOC memiliki fasilitas-fasilitas istimewa dari negara yang membuatnya menjadi seperti negara dalam negara. VOC boleh memiliki tentara, bernegosiasi dengan negara lain, bahkan mengeluarkan mata uang.



Kongsi Dagang Inggris
East India Company atau lengkapnya British East India Companyadalah Kongsi Dagang Hindia Timur Britania,disebut juga John Company. merupakan sebuah perusahaan saham-gabungan dari para investor, yang diberikan Royal Charter oleh Elizabeth I pada 31 Desember 1600, dengan tujuan untuk menolong hak perdagangan di India. Royal Charter (Piagam Kerajaan) secara efektif memberikan perusahaan yang baru berdiri ini sebuah monopoli dalam seluruh perdagangan di Hindia Timur. Perusahaan berubah dari sebuah gabungan perdagangan komersial ke salah satu yang memerintah India ketika perusahaan ini mengambil fungsi pemerintahan dan militer tambahan, sampai pembubarannya pada 1858.


Kongsi Dagang Spanyol
Spanish East India atau dalam bahasa spanyol Indias orientales espaƱolas adalah nama kuno yang diberikan untuk kawasan Asia, sebagai lawan Hindia Barat. East India mengacu ke benua baru Amerika. Secara luas digunakan dari abad keenam belas sampai abad kesembilan belas dan dipahami sebagai presentasi seluruh Asia Tenggara dan Selatan, dari Indonesia ke wilayah Hindustan.


Kongsi Dagang Portugis


Compagnie des Indes Sebuah perusahaan India, istilah generik, adalah sebuah perusahaan yang dikelola perdagangan metropolis Eropa dan koloni-koloninya.

Sementara Spanyol dan Portugal telah memesan eksploitasi Amerika menyusul penemuan Columbus sepanjang abad keenam belas, abad ketujuh belas kekuatan Eropa lainnya terlibat dalam persaingan sengit untuk menjadi kerajaan kolonial terbesar yang dapat bahan bakar kapitalisme yang baru lahir mereka, sekaligus memperkuat kekuatan bangsa.

Perdagangan antara metropolis dan koloni-koloninya sering dikendalikan oleh sebuah perusahaan di mana negara diberikan Monopole, yang disebut East India Company. Dalam jangka waktu Hindia mitos, maka ada semua wilayah baru yang dapat dicapai dengan mengambil rute timur (East India) dan orang-orang yang bergabung dengan rute barat (Hindia Barat).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar