Sejarah? Apa itu?

        Sebagian dari kita mungkin sudah pernah mendapat pelajaran sejarah. Baik itu Sejarah Indonesia, Sejarah Kebudayaan Islam, ataupun yang lain. Namun, mungkin ada sebagian dari kita yang belum mengetahui pengertian dari sejarah itu sendiri.

        Menurut Kamus Besar Bahsa Indonesia (KBBI) Sejarah berarti :
  1. Asal-usul (keturunan) silsilah
  2. Kejadian dan peristiwa yang benar-benar terjadi pada masa lampau, riwayat, tambo, cerita
  3. Pengetahuan atau uraian tentang peristiwa dan kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau
        Secara bahasa, kata sejarah berasal dari bahasa arab "syajaratun" yang berarti pohon. Hal ini berarti bahwa sejarah berasal dari sesuatu yang kecil atau sederhana dan berkembang menjadi lebih besar dan kompleks. Seperti pohon yang berasal dari biji kecil menjadi pohon dengan banyak cabang dan ranting. Bagi bangsa arab sendiri, mereka menyebut sejarah dengan "tarikh" yang dalam bahasa indonesia berarti waktu atau penanggalan.
        Menurut para ahli, seperti Aristoteles, beliau mengatakan sejarah sebagai satu sistem yang meneliti satu kejadian sejak awal dan tersusun dalam bentuk kronologi. Pada masa yang sama, menurut beliau juga sejarah adalah peristiwa-peristiwa masa lalu yang mempunyai catatan, rekod-rekod, atau bukti-bukti yang konkret.
        Serupa tapi tak sama menurut M. Yamin, beliau menjelaskan sejarah sebagai suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas hasil penyelidikan beberapa peristiwa yang dibuktikan dengan kenyataan.
        Sedangkan menurut penulis, Sejarah adalah sesuatu peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau pada aktifitas manusia yang memiliki hubungan dengan masa sekarang.
        Jadi, sekarang tahu kan apa itu sejarah? dan selalu ingat "JAS MERAH" Bung Karno!

"Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar