Teori masuknya Hindu-Budha ke Indonesia


Apa yang pertma kali kalian pikirkan tentang kaitan Hindu-Budha dengan Indonesia? Ya, mungkin bagi sebagian kita saat SD / SMP sudah pernah mendapat materi tentang hal tersebut. Letak Indonesia yang berada di jalur pelayaran internasional membuat Indonesia terpengaruh dengan luar. Ketika para pedagang India datang ke Indonesia misalnya, tidak hanya terjadi kegiatan jual beli disana, namun juga adanya transfer kebudayaan seperti agama, sistem pemerintahan, dan lain-lain. Hal ini pulalah yang membuat tersebarnya agama Hindu – Budha di Indonesia.

Seperti bab-bab lain di sejarah, masuknya hindu-budha ke Indonesia juga masih memunculkan tanda tanya. Bagaimana cara mereka bisa masuk ke Indonesia? Pertanyaan ini menghasilkan beberapa teori tentang masuknya Hindu – Budha ke Indonesia. Namun, teori – teori ini juga masih diperdebatkan karena tiap teori memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Untuk lebih jelasnya mari kita ulas satu persatu teori-teori tersebut.


Yang Pertama, Teori Ksatria. Teori ini dikemukakan oleh C.C. Berg, F.D.K. Bosch, dan Mookerji. Pada 2 M, kerajaan-kerajaan di India mengalami keruntuhan, hal ini disebabkam oleh adanya perang perebutan kekuasaan. Para penguasa Ksatria yang pada masa itu kalah dalam peperangan melarikan diri ke Nusantara. Para ksatria ini akhirnya menaklukan Nusantara dan mendirikan kerajaan-kerajaan dan koloni-koloni dengan corak hindu-budha. Pada perkembangannya, mereka juga menyebarkan kedua agama tersebut. Oleh karena itu, teori ini disebut juga toeri kolonisasi.

Kelebihan dari teori ini adalah jika benar yang menyebarkan hindu-budha adalah golongan ksatria, hal ini memang mungkin terjadi karena golongan ksatria memiliki semangat juang yang tinggi, apalagi dalam penaklukan wilayah. Namun, sampai saat ini belum ada bukti yang mengatakan bahwa Indonesia pernah dijajah India. Selain itu, golongan ksatria juga tidak memahami bahasa sansekerta dengan bahasanya, Pallawa.

J.C. Van Leur
Selanjutnya ada Teori Brahmana. Teori yang dikemukakan oleh J.C. Van Leur ini mengatakan bahwa agama hindu-budha datang ke Indonesia dibawa oleh golongan brahmana atau para pendeta. Mereka datang ke Nusantara karena diundang oleh para penguasa di Nusantara sebagai akibat kontak perdaganagan dengan pedagang India.

Teori ini dikuatkan dengan adanya prasasti Hindu-Budha yang menggunakan Bahasa Sansekerta dengan Huruf Pallawanya yang hanya dikuasai oleh golongan brahmana. Selain itu, untuk memahami Hindu-Budha yang murni tentu harus dibawakan oleh pendeta agama tersebut, dan para pendeta agama Hindu-Budha adalah golongan brahmana. Namun, hal ini disanggah dengan adanya pantangan golongan brahmana untuk menyebrangi lautan.

N.J. Krom
Ada juga Teori Waisya. Dikemukakan oleh N.J. Krom yang mengatakan bahwa Hindu-Budha datang ke Nusantara dengan dibawa oleh para pedagang. Para pedagang dari India sangat bergantung dengan alam. Sehingga ketika angina terlalu kencang mereka menetap dulu di Nusantara dan membangun perkampungan. Hal ini memungkinkan adanya penyeburan budaya India dan perkawinan dengan pribumi.

Teori ini didukung dengan kemungkinan adanya kegiatan dakwah saat para pedagang ini menetap di Nusantara. Tetapi, sekali lagi bahwa Bahasa Sansekerta dan Huruf Pallawa hanya dikuasai oleh golongan brahmana, sehingga pedagang ini hamper tidak mungkin menggunakan bahasa ini.

F.D.K. Bosch
Yang terakhir adalah Teori Arus Balik. F.D.K. Bosch selain mengungkapkan teori ksatria, dia juga mengungkapkan bahwa Hindu-Budha disebarkan ke Nusantara oleh penduduk nusantara sendiri. Pada awalnya, orang india hanya berdakwah pada beberapa orang. Orang-orang ini tertarik dan akhirnya belajar ke India. Setelah belajar, mereka kembali ke Nusantara dan menyebarkan ajarannya ke penduduk nusantara.

Hal ini dikuatkan adanya pendapat bahwa orang-orang tadi belajar ke India agar kelak bisa membangun kekuasaan dengan corak Hindu-Budha. Namun pada saat itu sangat sulit bagi orang nusantara belajar ke India, karena orang nusantara bersifat pasif.

Demikian uraian-uraian mengenai teori-teori masuknya Hindu-Budha ke Nusantara. Semoga dapat membantu.

Matur Nuwun Kangge :
kisahasalusul.blogspot.com
pelajaran-sma123.blogspot.co.id 
Buku Sejarah Indonesia Karangan Samsul Farid - Yrama Widya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar